Ternyata Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan Organ Jantung

Manfaat tertawa bagi kesehatan

Ternyata Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan Organ Jantung, Benarkah?
Sudahkah anda tertawa hari ini? Jika belum, sebaiknya anda segera sisihkan waktu anda selama 15 menit setiap hari. Selain tak memerlukan biaya, tertawa sangat ampuh meringankan beban pikiran dan membuat badan jadi lebih sehat.
Meskipun kesannya sepele, banyak orang kerap melupakan agenda tertawa. Dengan kepungan rutinitas yang membelenggu setiap hari, aktivitas ini pun kerap terlewatkan. Pada hari hari normal, biasanya seseorang bisa menggunakan waktu sebanyak 18 menit sehari untuk tertawa. Tetapi pada kenyataannya, untuk tertawa enam menit atau bahkan satu menit pun sangat sulit.
Para ahli mengatakan, anak-anak setiap hari bisa tertawa hingga 300-400 kali. Tetapi begitu masuk fase dewasa, frekuensinya turun drastis yakni sekira 15 kali sehari. Padahal, secara medis tertawa dipercaya memberikan manfaat lebih pada kesehatan anda dan dapat membuat anda terlihat lebih awet muda.
Tertawa merupakan latihan sehat untuk jantung serta paru-paru. Ketika seseorang tertawa, denyut jantung akan naik dan otak menjadi santai. Di era modern seperti sekarang, penyakit yang berhubungan dengan stres meningkat dari waktu ke waktu salah satunya yang paling banyak yakni penyakit jantung koroner. Baca juga : 8 gejala awal serangan Jantung Koroner

Lebih dari 70 persen penyakit yang ada dipicu karena kehadiran stress. Untuk menghindari stress, tak jarang orang melarikannya ke alkohol, obat obatan dan rokok. Padahal, jika mereka menyadari obat paling mujarab dan tak memerlukan biaya adalah tertawa.
Menurut penelitian, tertawa dengan mulut menganga adalah pilihan terbaik. Tertawa dengan suara yang lepas dan mulut menganga itu sangat baik karena tubuh akan melepaskan hormon bahagia yang dikenal sebagai hormon endorphin. Sebaliknya, tertawa dengan mulut tertutup dan terkikik kikik justru kurang memberikan efek maksimal bagi kesehatan. Sebuah studi menunjukkan, di masa kanak-kanak dulu kita belajar untuk mengasosiasikan tertawa terbahak-bahak dengan mulut terbuka lebar dan hasilnya mereka pun mendapatkan pengalaman hidup yang positif.
Nah, pada akhirnya sumber kebahagiaan yang utama memang terletak pada anda masing masing. Salah satu sumber yang praktis dan efisien adalah melepas tawa riang sebagai ekspresi kebahagiaan selama 15 menit setiap harinya dengan keluarga kita, sahabat kita, pasangan kita, dan orang orang yang kita sayangi. Tentu juga akan membuat orang orang di sekitar kita lebih sehat dengan tertawa bersama sama bukan? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.