Ternyata Kaum Pria Juga Beresiko Terkena Kanker Payudara

Ternyata Kaum Pria Juga Beresiko Terkena Kanker Payudara – Apa yang terbersit didalam pikiran anda jika mendengar kata penyakit kanker payudara ? Mungkin bagi sebagian masyarakat umum akan mengatakan jika penyakit kanker payudara ini merupakan penyakit yang hanya menyerang kaum wanita saja, namun hal ini tidaklah sepenuhnya benar dikarnakan pada saat ini kaum pria ternyata memiliki resiko terkena ancaman penyakit mematikan ini meskipun persentase dari penderita kanker kaum pria ini kecil sekali diperkirakan sekitar 5-7 % saja.

kanker payudara pria

Dikarnakan keluhan maupun penderita kanker payudara pada pria ini cukup sedikit atau kurang lazim pada masyarakat khususnya laki-laki maka seringkali penderita kanker payudara pria ini sudah terlambat untuk mendapatkan pengobatan akibat kanker payudara sudah memasuki tahap stadium 4 atau stadium lanjut. Dan justru sebaliknya jika kanker payudara ini dapat terdeteksi sejak dini atau masih dalam tahap stadium awal maka pengobatan kanker payudara akan lebih mudah untuk dilakukan baik itu menggunakan obat herbal alami dan bisa anda dapatkan pada Manfaat dan Khasiat Buah Zaitun ataupun pengobatan yang berasal dari dokter yang menggunakan obat-obatan kemoterapi.

Penyakit kanker payudara sendiri terjadi ketika sel kanker sudah merusak dan menyerang jaringan sehat yang ada pada bagian seputar payudara. Khususnya pada kaum pria resiko akan ancaman ini tidak memandang usia, tak jarang kaum lelaki atau pria baik dari yang berusia muda terlebih kepada yang telah memasuki usia lanjut atau berumur sekitar 50 tahun keatas.

Penyakit kanker pada pria ini ternyata ditemukan dan diketahui terdapat berbagai jenis yakni :

  1. Jenis yang pertama yakni Infiltrasi Karsinoma Duktal, yang mana jenis kanker ini telah merusak serta menyebar dibagian luar sel dari bagian payudara.
  2. Kanker Karsinoma Duktal In Situ, sel-sel sehat menjadi tidak normal dan berada pada bagian lapisan payudara.
  3. Inflamasi Kanker Payudara, jenis yang ini cukup unik dan segera dapat diketahui gejalanya dikarnakan kanker ini menimbulkan tanda seperti terlihatnya payudara berwarna merah akibat terjadinya pembengkakan disekitar payudara tersebut dan jika diraba atau disentuh akan terasa hangat.
  4. Penyakit  Paget pada bagian puting, timbulnya sebuah jaringan tumor yang muncul mendesak dari bagian sekitar bawah puting hingga menjadi keluar keatas puting.

Pada umumnya setiap kaum pria akan beresiko terkena bahaya penyakit kanker payudara ini, dan akan semain meningkat peluang resikonya jika dirinya memiliki atau mengalami hal-hal yang bisa meningkatkan resiko tersebut.

Seperti faktor resiko penyebab kanker payudara pada pria dibawah ini yakni  :

  • Seorang pria yang didalam kesehariannya ataupun pekerjaannya terlalu sering terpapar oleh sinar radiasi.
  • Memiliki sejarah penyakit sebelumnya yang berkaitan dengan kadar esterogen yang cukup tinggi didalam tubuh penderita seperti penyakit sirosis hati ataupun sindrome klinefelter.
  • Adanya kerabat terdekat yang telah terkena kanker payudara seperti adik atau kakak kandung perempuan akibat dari perubahan genetik  BRCA2.

Memang kebanyakan dari penderita kanker payudara pria ini dapat terkena akibat dari adanya mutasi dari  gen yang diturunkan oleh orang tuanya, biasanya kaum pria yang terduga penyakit kanker payudara ini dapat merasakan keberadaan kanker payudara ini dengan adanya benjolan yang tidak normal pada bagian payudaranya.

Bagi penderita kanker payudara yang ingin memeriksakan dan memastikan kondisi kesehatannya terkait dengan kanker payudara ini, ada beberapa pilihan tes ataupun uji kesehatan yang dapat anda jalani seperti :

  1. Melakukan uji fisik serta menelusuri riwayat kesehatan penderita atau pasien, pemeriksaan ini dimulai dengan melihat pertanda dan ciri-ciri ataupun gejala yang dihasilkan oleh sel kanker payudara ini seperti dengan melihat tanda yang tidak normal (adanya benjolan) dan pada tahap ini pemeriksaan juga meliputi mengenai perilaku kebiasaan sehari-harinya maupun riwayat penyakit lainnya.
  2. Tes uji pada bagian payudara / CBE, biasanya pemeriksaan ini dilakukan oleh pihak medis ataupun dokter yang cukup ahli dengan memeriksa dan merasakan kejanggalan yang tidak biasanya pada bagian bawah lengan ataupun sekitar payudara.
  3. Test USG, tindakan medis yang satu ini memanfaatkan dari gelombang suara yang cukup tinggi yang sistem kerjanya dengan memantulkan gelombang suara kepada organ tubuh khususnya payudara hingga terjadinya gema. Dan dari gema inilah dikonversikan menjadi suatu gambar jaringan atau organ tubuh penderita, hasil gambar inilah sering disebut sebagai sonogram. Setelah tercetak sonogram dokter bisa menyimpulkan gangguan apa yang telah terjadi.
  4. Test MRI atau yang dikenal juga dengan Magnetik Resonanse Imaging. Sebuah tindakan yang mana memanfaatkan kekuatan magnet dan gelombang radio serta komputer yang dapat menciptakan suatu bentuk visual yakni gambar seputar didalam tubuh secara detail.
  5. Pengujian test darah, pengambilan sample darah dari terduga penderita kanker untuk memeriksa berapa banyak zat tertentu yang terdapat dalam darah akibat dikeluarkan oleh jaringan atau organ tertentu. Jika ditemukan adanya kejanggalan suatu zat pada kandungan darah baik itu jumlah kadarnya lebih banyak atau leih sedikit sepatutnya untuk diwaspadai bisa jadi itu penyakit kanker.
  6. Tindakan Biopsi, adalah suatu prosedur yang dilakukan dengan mengambil bagian baik itu dalam jumlah sedikit ataupun lebih dari suatu jaringan tubuh untuk dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop agar dapat diketahui secara pasti ada tidaknya perkembangan dari sel-sel kanker didalam tubuh. Dan biopsi sendiri juga ada 3 jenis yakni :  biospi dengan menggunakan jarum halus (FNA), biopsi inti yang menggunakan jarum yang cukup besar dan lebar serta biopsi yang dilakukan dengan cara mengangkat semua jaringan benjolan didalam tubuh (Biopsi Eksisi).

Ada banyak lagi metode pengujian medis untuk mengetahui apakah anda telah terkena kanker payudara atau tidak ? Namun bagi anda pun dapat melakukan pemeriksaan sendiri  dengan mengikuti beberapa langkah mendeteksi kanker payudara secara mandiri yakni Kenali dan Deteksi Kanker Payudara Mulai Dini dengan 6 Cara ini. Sudah banyak penderita penyakit kanker payudara ini yang harus kehilangan waktu, harta dan bahkan hingga nyawanya akibat sel kanker ganas. Untuk itu tindakan pencegahan ataupun pengobatan yang tepat dapat membantu anda dalam menghadapi serta mengatasinya. Dengan memulai pola hidup sehat dan juga gaya hidup sehat mudah-mudahan kita semua selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu amin.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.