Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner – Sudahkah anda sadar bahwa penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbanyak dan tertinggi peringkatnya bila dibandingkan dengan penyakit lainnya.

Berbagai negara diseluruh dunia pun sudah mengupayakan untuk menekan jatuhnya korban yang harus kehilangan nyawanya akibat penyakit jantung ini, salah satunya penyakit jantung yang paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner sendiri berawal mula dari tidak lancarnya aliran oksigen yang dibawa oleh darah melalui saluran pembuluh darah yang terganggu akibat adanya penyempitan saluran pembuluh darah yang tertutup oleh lemak atau kolesterol jahat hingga membentuk plak-plak yang menghalangi dinding saluran pembuluh darah tersebut.  Hingga organ jantung kinerjanya menjadi terganggu dan inilah yang disebut dengan janttung koroner.

Lakukan segera, langkah sederhana ini untuk memperkecil  dan menghindarkan anda dari resiko terkena penyakit jantung koroner! Dibawah ini merupakan beberapa langkah-langkah yang dapat anda lakukan agar tubuh selalu sehat dan tentu saja mencegah sekaligus memperkecil resiko jantung koroner antara lain seperti :

lari pagi untuk pencegahan jantung koroner1. Melakukan aktifitas fisik atau berolah raga ringan seperti jogging /lari.

Olah raga sangat baik dilakukan pada pagi hari, dengan hanya berjalan kaki atau lari pagi secara rutin dan teratur paling tidak selama 30 menit sangat membantu anda untuk memperkecil resiko jantung koroner sekaligus dapat mengurangi berat badan anda ke berat badan yang ideal secara efektif. olahraga lari sangat baik untuk sistem kardiovaskular anda.

2. Menjaga kesehatan mulut khususnya gigi.

Apa kaitannya gigi dengan penyakit jantung koroner ? Seringkali kita lihat iklan di tv yang menunjukan betapa pentingnya kita menggosok gigi, karna jika tidak menggosok gigi secara teratur maka bakteri akan berkembang biak didalam mulut sekaligus membuat gusi kita sakit dan gigi menjadi berlubang. Ternyata tanpa kita sadari itu ada kaitannya dengan organ jantung, dikarnakan bakteri tersebut bisa masuk kedalam pembuluh darah dan dapat mengakibatkan pembekuan.

3. Jauhi dan hindari merokok.

Rokok merupakan sumber dari berbagai penyakit, berbagai macam peringatan dan imbauan tentang bahaya merokok sering kita jumpai di keseharian kita. Untuk itu bagi anda yang masih merokok mulailah jalani hidup sehat tanpa rokok sebelum penyakit berat menimpa anda.

4. Tidur dan istirahat yang cukup.

Jangan anggap remeh efek dari tidur, dengan tidur yang dianjurkan paling tidak enam sampai delapan jam sehari maka kondisi kesehatan tubuh anda akan tetap terjaga. Orang yang kurang tidur seringkali tidak bahagia dan sering menjadi pemarah dan tentu saja tidak baik untuk kesehatan jantungnya.

5. Berkumpul dengan keluarga atau orang terkasih dan tersayang.

Perasaan bahagia dan nyaman di tengah-tengah keluarga memberikan manfaat yang sangat baik untuk kondisi psikologi anda, seiring dengan perasaan aman dan nyaman tadi maka detak jantung menjadi stabil berbeda halnya ketika anda sedang merasakan cemas dan gelisah tentu saja detak jantung menjadi tidak beraturan dan meningkatkan resiko serangan jantung.

6. Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.

Ternyata hanya dengan tertawa saja mampu menghindarkan anda dari resiko penyakit jantung koroner, oleh karena itu sering-seringlah tertawa maka perasaan bimbang dan strees akan hilang seketika. Berbeda halnya dengan orang yang sering murung dan depresi tentu saja lebih beresiko terkena jantung koroner.

Tips diatas merupakan langkah paling sederhana yang dapat anda lakukan setiap harinya, namun ada hal lainnya selain dari tips diatas yakni bersyukur kepada Sang Pencipta. Dengan selalu mengingat dan bersyukur kepadanya dengan apa yang sudah kita miliki dan kita jalani, sudah pasti pikiran menjadi lebih bahagia dan tenang tanpa harus mengkhawatirkan yang tak seharusnya dipikirkan.

Syukuri dengan apa yang yang kita punya yakni kesehatan dan keluarga yang baik sudah merupakan anugerah yang diberikan tuhan kepada kita.  Untuk itu selalu jaga kesehatan tubuh kita sebaik mungkin, dan dengan cara itu juga kita menunjukan rasa syukur kita, amin.

LIHAT JUGA : Faktor Penyebab Jantung Koroner

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.