Pantangan Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Asam Urat – Pernahkah anda merasakan bagaimana sakitnya penderitaan ketika asam urat menyerang atau ketika kambuh ? Tentu saja hal yang cukup menyiksa bukan, hal ini bisa terjadi dikarenakan asam urat didalam tubuh anda yang mulai menunjukan kadar zat purin yang cukup berlebih sehingga tubuh (organ ginjal) tidak dapat mengolah kelebihan dari zat purin yang dapat berubah menjadi kristal asam urat tersebut yang lama kelamaan menumpuk di jaringan persendian tubuh anda.

Pada hakikatnya tubuh manusia sendiri asam urat memang diproduksi dan dibutuhkan oleh tubuh, namun ketika manusia mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung zat purin tinggi tentu saja tubuh akan mengalami “overload” zat purin. Oleh karenanya sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan zat purin didalam tubuh dengan mengontrol makanan apa saja yang masuk kedalam tubuh kita yang juga harus disertai dengan menjalankan gaya hidup sehat dan baik  salah satunya adalah dengan secara rutin melakukan aktifiitas fisik misalnya dengan berolahraga.

Baca juga : Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

seafood pantangan asam uratDan untuk mencegah dan menghindari penyakit asam urat semakin parah dan terkadang bisa menimbulkan pembengkakan maupun peradangan ada baiknya menghindari beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dihindari, berikut ini adalah pantangannya :

  1. Hindari makanan yang termasuk dalam jenis makan laut / seafood (udang, kepiting, lobster laut, cumi-cumi dan sebagian dari jenis ikan laut tertentu).
  2. Jauhi makanan atau minuman yang ada kandungan pemanis tambahan atau buatan (fruktosa). Pemanis ini sangat tidak baik untuk tubuh dan juga bisa membuat dan memicu asam urat.
  3. Minuman beralkhohol juga memiliki andil yang cukup besar berlebihnya zat purin didalam tubuh.
  4. Kurangi minum minuman kopi, apabila sulit untuk berhenti disarankan untuk membatasi mengkonsumsi maksimal 2 gelas kopi perharinya.
  5. Kacang, makanan ringan favorit ketika nonton pertandingan sepak bola ini juga menjadi musuh penderita penyakit asam urat yang memberikan reaksi yang cukup cepat dalam hal menimbulkkan pembengkakan dan peradangan di persendian.
  6. Daging, makanan kaya protein ini juga banyak memiliki kandungan zat purin yang sangat banyak. Untuk itu ada baiknya bagi penderita asam urat untuk menghindari hampir segala jenis daging-daging hewani, apabila tak ingin asam uratnya kembali kambuh.
  7. Jauhi makanan dan minuman yang berbahan baku dari santan. Terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi jenis makanan bersantan ini tak hanya asam urat yang  bereaksi namun juga bisa memicu kadar kolesterol meningkat tajam.
  8. Sayur-sayuran tertentu seperti sayur bayam, melinjo akan mempercepat terbentuknya asam urat.
  9. Buah-buahan yang memiliki kandungan alkohol seperti buah  nangka dan buah durian contohnya.

Demikianlah artikel dari veherba.com mengenai pantangan makanan dan minuman bagi penderita asam urat. Memang dibalik semua makanan lezat dan enak itu pasti ada konsekuensi tentang kesehatan entah itu tentang yang baik maupun konsekuensi tentang yang buruk bagi  kesehatan. Namun yang pasti bijaklah dalam memilih dan memutuskan makanan apa yang anda konsumsi sehingga kesehatan tubuh anda tidak mudah terganggu. Makanlah makanan secukupnya, karena makan yang berlebihan itu sesuatu yang tidak baik pada akhirnya nanti.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

2 Responses

  1. Mita. S says:

    Artikel ini sangat bermanfaat sbg referensi dlm menjaga kesehatan tuk menghadapi kehidupan ini.

    • veherba says:

      terima kasih sudah berkunjung di website tentang kesehatan kami, semoga informasi mengenai pantangan makanan dan minuman bagi penderita asam urat memberikan manfaat lebih bagi anda dan keluarga di sekitar anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.