Mitos Dan Fakta Tentang Kanker Payudara Yang Harus diKetahui

Mitos dan Fakta Tentang Kanker PayudaraSelama ini banyak sekali mitos tentang kanker payudara yang berkembang didalam masyarakat kita khususnya negara Indonesia akibat dari kurangnya pengetahuan mengenai apa saja yang terkait dengan penyakit kanker payudara hingga dapat menimbulkan kerugian kesehatan bagi yang telah mengidapnya. Dibawah ini  veherba.com akan coba mengulas tentang berbagai mitos dan fakta terkait dengan seputar penyakit kanker payudara :

Mitos : Dengan adanya Benjolan didaerah sekitar payudara, itu sudah pasti dan positif terkena penyakit jenis kanker payudara.
Fakta : Untuk pada umumnya kasus yang terjadi ketika terdapat adanya benjolan didaerah sekitar payudara belum tentu dapat dikatakan seseorang tersebut terkena penyakit kanker payudara, didalam hal ini diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. hal ini dilakukan untuk lebih memastikan apa yang menyebabkan kelainan pada benjolan tersebut. Dengan melalui proses pemeriksaan dengan cara mamografi atau bahkan skrining  barulah dapat ditentukan apakah benjolan ini beresiko bagi kesehatan atau tidak sama sekali. Namun yang pasti apabila benjolan tersebut semakin lama semakin besar ukurannya dan sangat mempengaruhi dari bentuk payudara sebaiknya untuk segera memeriksakan diri agar cepat dilakukan tindakan.

Mitos : Penyakit Kanker Payudara merupakan penyakit Khusus kaum Perempuan saja sehingga mustahil bagi kaum pria terkena penyakit kanker jenis ini.
Fakta : Hingga saat ini semakin hari bahkan pertahunnya penderita penyakit kanker payudara dari kaum pria semakin meningkat, berdasarkan data yang dihimpun mengungkapkan bagaimana penderita kanker payudara bagi kaum pria mencapai 2.230 penderita dan diantaranya lebih dari 400 korban penderita kanker payudara ini berakhir dengan kematian. Oleh sebab itu bukan serta merta penyakit kanker payudara ini tidak menyerang kaum pria, setelah mengetahui fakta ini sebaiknya bagi kaum pria selalu waspada ketika merasakan adanya kelainan ataupun perubahan bentuk seperti benjolan disekitar puting dan aerola. Fakta yang lebih menakutkan lagi mengungkapkan bahwa kanker payudara yang menyerang kaum pria biasanya lebih ganas dan lebih fatal, hal ini disebabkan gaya hidup kurang sehat serta kaum pria yang terlambat menyadari dan mendapatkan perawatan medis akibat kurangnya kepedulian kaum pria terhadap gejala yang dirasakannya.

Mitos : Banyak Penderita Kanker Payudara enggan menjalani proses Mamografi dikarenakan ditakutkan jika sel kanker payudara akan semakin banyak dan menyebar.
Fakta : Dengan menjalani proses Mamografi ataupun Skrining yang menggunakan teknologi penyinaran sinar x-ray tidak akan menimbulkan efek sel kanker tambah berkembang maupun menyebar, proses Mamografi diperlukan untuk mendeteksi ada tidaknya sel kanker payudara  didalam tubuh. Dan bahkan menurut data dari National Cancer Institute, bagi kaum wanita yang telah menginjak usia 40 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan Skrining Mamografi tiap tahunnya agar dapat mendeteksi penyakit kanker payudara sedini mungkin.

Mitos : Apabila didalam keluarga saya ada yang mengidap penyakit kanker  payudara ini, sudah pasti dan positif saya terkena jenis penyakit kanker payudara juga.
Fakta : Walaupun didalam keluarga anda, misalkan ibu anda telah terkena penyakit kanker payudara bukan berarti anda sudah pasti nantinya akan terkena penyakit jenis kanker payudara ini, berdasarkan data hanya sekitar 10% nya saja penderita kanker payudara ini memiliki riwayat kanker payudara dari keluarga sebelumnya. Bahkan sebagian besar dari penderita penyakit kanker payudara ini tidak memiliki riwayat keturunan kanker jenis ini.

Mitos : Penyakit Kanker Payudara dapat menular dan ditularkan.
Fakta : Penyakit kanker payudara merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkontrol perkembangannya sehingga bermutasi  yang menyerang ke jaringan-jaringan sehat lain khususnya didalam jaringan payudara. Penyakit kanker payudara bukan disebabkan oleh virus maupun bakteri sehingga tidak mungkin menularkan dan ditularkan kepada orang lain, dengan menjalani pola gaya hidup yang baik disertai dengan sering memeriksakan diri kepada pihak medis akan mencegah terjadinya perkembangan dari sel kanker itu sendiri sekaligus menghindarkan anda dari penyakit kanker payudara.

Mitos : Didalam tubuh saya banyak terdapat gen BRCA1 atau BRCA2, berarti saya sudah positif terkena penyakit  kanker payudara.
Fakta : Berdasarkan data yang dihimpun oleh National Cancer Institute menyatakan bahwa belum tentu seseorang yang memiliki gen BRCA1 atau BRCA2 telah langsung terkena penyakit kanker payudara, namun benar apabila wanita yang memiliki gen BRCA1 atau BRCA2 akan lebih besar terkena dan mengidap penyakit jenis ini serta peluangnya lima kali lebih beresiko dikarenakan gen tersebut akan bermutasi lebih cepat. Untuk mencegah hal yang tidak diiinginkan dapat menggunakan K-Muricata yakni Obat kanker payudara alami dalam kemasan siap seduh sehingga mampu mencegah terjadinya mutasi gen penyebab kanker payudara.

Mitos : Terlalu  sering meenggunakan  Antiperspiran serta  deodoran mampu memicu dan mengakibatkan terkena penyakit kanker payudara.
Fakta : Sampai saat ini belum ada kasus yang menunjukan bahwa hanya dengan menggunakan Antiperspiran serta  deodoran dapat membuat sesorang tersebut terkena dan dikaitkan dengan penyakit kanker payudara.

Referensi : http://www.nationalbreastcancer.org/

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.