7 Hal Yang Memicu Meningkatkan Kadar Gula Dalam Darah

Pemicu Menigkatnya Kadar Gula Darah – Didalam tubuh ada yang namanya gula dalam darah yang sangat penting didalam tubuh, dan kadar gula didalam darah itu harus dijaga dan dikontrol agar kadarnya tidak berlebihan atau diatas dari angka normal yang seharusnya, apabila kadar gula dalam darah naik tinggi dan tidak terkontrol maka timbulah penyakit yang dinamakan penyakit kecing manis atau juga yang sering dikenal sebagai Diabetes Melitus. Dan tanpa anda sadari bahwa aktivitas dan kebiasaan yang kita lakukan setiap harinya, yang anda anggap remeh dan sepele namun hal itu sangat mempengaruhi bagaimana kadar gula dalam darah bisa tidak terkontrol hingga menjadi tinggi.

Inilah 7 hal yang sering dianggap remeh namun dapat memicu gula dalam darah menjadi naik tinggi :

1. Tidak Sarapan Pagi / Jarang Sarapan.

Seringkali kita meremehkan dan melewatkan sarapan pagi,  padahal dengan tidak sarapan maka akan memicu kadar gula dan tingkat dari insulin menjadi naik lebih tinggi ketika beberapa waktu setelah makan siang. Hal ini diyakini setelah dilakukan beberapa penelitian yang dilakukan pda tahun 2013  lalu.

Selain itu berdasarkan data lainnya yakni dari American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa kaum pria yang melewatkan sarapannya akan lebih rentan dan berpotensi terkena penyakit diabetes sebanyak 21%. Sarapan yang baik adalah sarapan yang didalam makanannya banyak mengandung protein serta lemak sehat sehingga mampu menjaga tubuh dari kadar gula yang naik tinggi.

2. Makanan Yang Berlemak Jenuh atau Tidak Sehat.

Tak hanya makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang harusnya dihindari oleh para penderita diabetes melitus namun juga makanan yang banyak mengandung lemak, hal ini diungkapkan setelah dilakukan study beberapa waktu lalu kalau makanan berlemak ini mampu meningkatkan kadar gula dalam darah menjadi naik. Mengapa demikian ? Study tersebut melibatkan beberapa partisipan untuk mengkonsumsi makanan berlemak dan beberapa jam setelahnya diberikan lagi minuman yang manis ternyata hasilnya cukup mengejutkan, bahwa partisipan tadi kadar gulanya meningkat naik sebanyak 32 % bila dibandingkan dengan partisipan yang minum minuman manis namun tak mengkonsumsi makanan berlemak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa makanan yang berlemak dapat meningkatkan dan mempersulit tubuh untuk menyingkirkan kadar gula dalam darah yang berlebih didalam tubuh.

3. Pemanis Buatan (Artificial Sweetener)

Pemanis buatan seringkali dianggap sebagai pembawa efek buruk bagi kesehatan tubuh manusia, hal ini juga makin dikuatkan dengan adanya penelitian yang dilakukan di organisasi di negara Israel yang menggunakan hewan tikus sebagai bahan percobaan yang mana tikus tersebut diberikan cairan berpemanis buatan, dan hasilnya menyatakan bahwa tikus tersebut memiliki kadar gula yang tinggi bila dibandingkan dengan tikus yang diberi cairan yang mengandung gula murni sekalipun. Namun bukan berarti penggunaan pemanis buatan dilarang, anda harus dapat dengan bijak menggunakan pemanis buatan secukupnya dan harus bijak memilih makanan atau minuman apa yang memiliki kandungan pemanis buatan. Lebih baik menggunakan pemanis buatan yang terbuat dari bahan-bahan alam seperti gula jagung contohnya.
4. Meminum Kopi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa dengan meminum kopi secukupnya dapat memperkecil peluang terkena penyakit diabetes yang type 2. Namun apabila seseorang yang telah terkena penyakit diabetes melitus yang kemudian meminum kopi berkafein tinggi  maka akan memperumit jalan kesembuhan dari penderita diabetes melitus. Bukan berarti minum kopi dilarang.  “Semuanya sangat tergantung dari keputusan masing-masing individu apakah ingin meminum kopi atau tidak. Saya tidak pernah melarang untuk meminum kopi berkafein atau tidak.” ungkap seorang peneliti yang berasal dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases yang bernama Aaron Cypess.
Akan tetapi beliau yakni Aaron Cypess menyatakan berdasarkan pengalaman yang pernah dialami oleh salah satu dari pasien yang ditanganinya. Pasiennya mengatakan “ketika pada pagi hari kadar gula dalam darahnya menunjukkan 120 namun setelahnya ketika saya meminum kopi hitam murni tanpa ada tambahan gula sedikitpun, yang kemudian ketika memasuki siang hari kadar gula dalam darah saya menunjukan ke angka 200.” Memang efek dari kopi tersebut dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda.
5. Tidak Cukup Istirahat/Tidur.
Istirahat yang cukup bisa didapatkan ketika pada malam hari  memasuki waktu tidur, jika seseorang mengalami gangguan pada saat tidur sehingga mengalami kurang tidur maka akan dapat memicu terjadinya strees hingga membuat kadar gula dalam darah menjadi naik.

“Dengan cukup tidur itu merupakan  pemulihan apabila tidur tidak mencukupi/gelisah merupakan bentuk dari stres kronis yang terjadi pada tubuh, ketika strees maka akan memicu kadar gula darah didalam darah Anda akan naik menjadi lebih tinggi.” Ungkap dari seorang pendidik tentang diabetes di Joslin Diabetes Center Boston AS yag bernama Patty Bonsignore.”

6. Perokok Aktif.

Kebiasaan buruk yang paling banyak dilakukan masyarakat ini adalah merokok, sudah banyak peringatan bagaimana bahaya dari merokok ini. Untuk orang sehat pun berbahaya apalagi untuk penderita diabetes melitus. Dengan semakin banyaknya rokok yang dihisap maka akan semakin banyak zat nikotin yang berbahaya yang memberikan efek negatif bagi tubuh, sehingga bagi penderita diabetes melitus maka kadar A1C akan semakin menanjak naik dan tidak terkontrol. Dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol maka akan memperbesar terkena resiko komplikasi berat seperti penyakit jantung, stroke bahkan gagal ginjal.

7. Penggunaan obat-obatan tertentu.

Pada jenis obat-obatan tertentu seperti Obat-obatan yang termasuk didalam golongan steroid, statin serta diuretics dapat mempengaruhi dan meningkatkan kadar gula yang terdapat didalam darah. Oleh karenanya bagi yang ingin menggunakan obat-obatan ini sebaiknya menggunakan obat-obatan ini dengan bijak dan menurut resep dari dokter.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.