Faktor Penyebab Terjadinya Miom Pada Perempuan

Penyebab Terjadinya Penyakit MiomPernahkah anda merasakan rasa sakit dan nyeri yang tidak wajar pada saat datang bulan atau menstruasi ?  atau mungkin sering merasakan tidak nyaman di bagian sekitar perut dan punggung bagian bawah ? Jika anda pernah mengalaminya, kemungkinannya anda memiliki miom didalam tubuh anda, dikarnakan keluhan-keluhan atas gangguan kesehatan diatas menyerupai dengan gejala atau pertanda dari miom. Meskipun demikian hal ini tidak bisa menjadi patokan sebelum anda memastikan lebih jelas dengan memeriksakan kondisi kesehatan anda kepada dokter ataupun ahli medis yang kompeten.

Apa yang menyebabkan miom ?

Bagi anda yang masih merasa awam dengan penyakit miom,khususnya bagi kaum perempuan yang sulit mendapatkan keturunan dikarnakan adanya miom dapat menghambat kehamilan untuk itu sebaiknya kita menyimak informasi seputar kesehatan yang penting berikut ini.

Penyakit miom adalah penyakit yang berupa seperti tumor jinak yang dimulai dan ditandai dengan tumbuhnya jaringan sel otot secara tidak normal. Tumor jinak miom ini biasanya terdapat dan tumbuh pada bagian rahim. Jika seseorang mengalami suatu penyakit pasti ada yang namanya faktor penyebab dari penyakit  tersebut, untuk itulah pada kesempatan ini juga veherba.com ingin memberikan informasi apa saja penyebab terjadinya penyakit miom.

Penyakit miom merupakan penyakit yang paling umum dan banyak dialami oleh perempuan dengan pertumbuhan tumor jinak yang cukup cepat pada tubuh perempuan tepatnya berada pada rahim dipicu oleh beberapa faktor yang penyebabnya yakni :

  1. Hormon esterogen ditenggarai menjadi salah satu faktor penyebab terbesar yang berperan dalam tumbuh dan berkembangnya miom, pada umumnya wanita atau perempuan yang memasuki masa produktif sekitar usia 30 hingga 50 tahun biasanya yang paling banyak mengalami penyakit miom. Dan ketika sudah memasuki pada masa menopause (sudah berhenti haid) dan produksi hormon esterogen pun semakin berkurang, secara bertahap ukuran dari miom pun mengecil bahkan hilang.
  2. Kelebihan berat badan tidak terkontrol hingga obesitas, hal ini dikarnakan produksi dan kadar hormon esterogen didalam tubuh menjadi terus meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan perempuan tersebut.
  3. Faktor yang diakibatkan oleh riwayat keturunan, seorang perempuan lebih beresiko memiliki miom jika ada salah satu dari anggota keluarganya telah terkena miom sebelumnya baik itu saudara perempuan, nenek ataupun ibu kandungnya.
  4. Pernah mengalami masa menstruasi yang terlalu dini atau diusia yang masih sangat muda.
  5. Merokok dan minum-minuman keras serta penyalahgunaan obat-obatan, seorang perempuan yang memiliki kebisaan tidak sehat ini paling cepat mengembangkan miom didalam tubuhnya.
  6. Pola makan yang tidak sehat dengan mengkonsumsi makanan siap saji atau junkfood serta jarang mengkonsumsi asupan yang kaya akan serat alami seperti buah-buahan dan sayuran.

Ukuran miom didalam tubuh penderita berbeda- beda dari yang berukuran kecil sebesar biji atau beberapa cm saja hingga yang berukuran hingga 20 cm atau lebih. Memang sebagai seorang perempuan banyak sekali tantangan yang harus dihadapinya, mulai dari ancaman gangguan kesehatan seperti penyakit kanker payudara, kista atau bahkan kanker serviks. Namun semua penyakit pasti ada obatnya dan juga semua penyakit juga masih dapat dihindari serta dicegah dengan menjalani pola hidup sehat dan juga untuk selalu menambah informasi apapun mengenai penyakit  salah satunya seperti yang ada dalam  10 fakta kista, mudah-mudah kita semua terhindar dari penyakit berbahaya.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.