9 faktor Paling Umum Penyebab Jantung Koroner

penyebab jantung koronerFaktor Penyebab Jantung Koroner – Hingga saat ini penyakit jantung koroner masih menjadi perhatian dan sorotan dunia kesehatan dikarenakan penyakit jantung yang satu ini merupakan penyebab kematian tertinggi dan dapat terjadi sangat tiba-tiba hingga seringkali terlambat dilakukan penanganan atau perawatan medis.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dengan perubahan gaya hidup yang semakin menuju kearah yang tidak sehat maka secara tidak langsung ikut mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh manusia pada zaman ini, dan salah satunya ialah ganguan kesehatan pada sisteem kardiovaskular yakni Penyakit Jantung Koroner.

Perubahan gaya hidup yang tanpa kita sadari dan kita jalani termasuk didalamnya, adalah makan makanan yang tidak sehat ( berkolesterol tinggi dan kadar gula tinggi ) seperti soto babat, soto kambing, cola, ice cream, junk food dan lain sejenisnya. Apabila anta tidak ingin beresiko terkena jenis penyakit jantung koroner ini, ada baiknya mulai sekarang lakukanlah gaya hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi dan sehat ditambah dengan aktivitas fisik yang rutin. Penyakit jantung Koroner sebenarnya bisa dihindari dan dicegah apabila anda dapat menghindari beberapa faktor dibawah ini seperti :

  1. Rokok, menghindari bahaya dari Merokok. Penyebab terbesar dari penyakit jantung (kardiovaskular) ialah merokok. Di Indonesia sendiri semakin banyak dan bertambahnya perokok aktif dari tahun ketahun, dan cukup membahayakan juga perokok pasifnya. Hal ini dikarenakan didalam asap rokok tersebut membuat kadar oksigen didalam tubuh berkurang drastis dan pembuluh darah terganggu kinerjanya sehingga peredaran darah juga secara otomatis menjadi melambat dan lama kelamaan terjadi penyumbatan di pembuluh darah jantung sehingga dapat menimbulkan resiko penyakit jantung maupun stroke yang cukup serius.
  2. Makanan berlemak jenuh tinggi atau berkolesterol tinggi, ada kalimat yang menyatakan bahwa kalau makanan yang enak itu kebanyakan mengandung kolesterol ataupun lemak jahat. Hal ini tak sepenuhnya benar ataupun salah. Cuma yang harus dipahami adalah bagaimana kandungan kolesterol ini dapat menggangu kesehatan tubuh manusia yang berupa lemak yang lama kelamaan menumpuk pada saluran pembuluh darah sehingga membuat saluran pembuluh menjadi sempit dan  menggangu dari kinerja jantung. Ada baiknya bila anda bijak dalam memilih makanan yang sehat seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran atau bahkan ikan segar.
  3. Kadar Tekanan Darah Tinggi, Memang kadar tekanan darah yang tidak terkontrol tinggi (hipertensi) menjadi salah satu penyebab yang cukup berperan besar dalam memicu terjadinya penyakit jantung koroner. Untuk penderita hipertensi disarankan untuk menjaga pola makan serta manajemen emosi untuk menghindari resiko jantung koroner. Lihat juga : Obat Herbal Jantung Koroner Ampuh
  4. Banyak pikiran yang memicu stress atau depresi, Ketika seseorang mengalami masa stress ini sangat mempengaruhi dari kondisi mental dan emosi sehingga membuat tekanan darah menjadi tidak stabil atau cenderung meningkat. Berdasarkan survey yang dilakukan mengungkapkan bahwa emosi dan depresi memperbesar resiko 3 kali lebih besar berpotensi terkenapenderita penyakit jantung koroner.
  5. Kurang beraktifitas fisik atau malas berolahraga, tubuh yang kurang bergerak akan menimbulkan lemak yang menumpuk yang seharusnya dibuang dan dibakar melalui cairan yang keluar melalui keringat.
  6. Penyakit Kencing Manis (diabetes), penyakit ini dapat menambah resiko serangan jantung khususnya penyakit jantung koroner, dikarenakan penyakit ini terjadi karna  kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol (berlebih) sehingga dapat membuat pembuluh arteri koroner tersumbat dan secara otomatis dapat menimbulkan gangguan pada jantung.
  7. Berat badan yang tidak terkontrol / kegemukan, berat badan yang berlebih bahkan menuju ke obesitas semakin menambah ancaman terkena jantung koroner.
  8. Keturunan (Gen yang diturunkan orang tua), Ketika ada riwayat keluarga sebelumnya yang memiliki sejarah terkena penyakit jantung koroner ini, kemungkinan besar peluang keturunan selanjutnya memiliki resiko terkena penyakit jantung koroner. Meskipun merupakan faktor keturunan atau gen yang tidak dapat kita hindari namun bukanlah sesuatu yang tidak dapat dicegah. Dengan menggunakan obat herbal alami ataupun gaya hidup sehat maka akan memperkecil resiko terkena penyakit ini.
  9. Umur atau Usia, jika mengenai bertambahnya umur atau usia seseorang  memang bukanlah sesuatu yang bisa kita tunda ataupun dihindari. Jika anda telah memasuki usia yang telah lanjut maka sebaiknya mencegah dan menghindari hal-hal yang memicu terjadinya penyakit jantung koroner ini serta menjalani pola hidup sehat.

Penyakit jantung koroner berbahaya oleh sebabnya lebih baik bila kita mencegah daripada untuk mengobati mengetahui faktor diatas semoga dapat menjadi acuan anda untuk semakin waspada terhadap bahaya penyakit ini.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.