Fakta Umum Dari Penyakit Stroke dan Mitosnya

fakta dan mitos strokeStroke…..!!!

Mungkin hampir dari seluruh bagian masyarakat indonesia sudah tau apa itu Penyakit stroke, namun ada beberapa hal yang seringkali kurangnya pemahaman akan penyakit stroke ini mengakibatkan penderita maupun  yang bukan penderita tak sadar akan bahaya dari penyakit ini. Penyakit ini seringkali membuat penderitanya mengalami perubahan dalam hidupnya dikarenakan hampir segala faktor baik itu keluarga, hubungan bersosialisasi, biaya, kesulitan berkomunikasi bahkan penyakit ini menjadi salah satu faktor kematian terbesar di indonesia. Dan inilah sedikit informasi untuk kita semua mengenai fakta dan mitos yang sebenarnya terkait dengan penyakit stroke ini :

1. Mitosnya : Penyakit Stroke Lebih Banyak Menyerang Kaum Pria.

Menurut Faktanya : Penyakit stroke ini tidak memandang Jenis kelamin dari seseorang tersebut, pada umumnya penyakit stroke ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat yang dijalani orang tersebut. Baik pria maupun wanita memiliki peluang yang sama terkena penyakit stroke ini, bahkan di Indonesia sendiri penderita penyakit stroke lebih banyak dari kaum wanita bila dibandingkan dengan kaum pria. Wanita yang telah menginjak pada fase pasca menopause lebih beresiko tinggi terkena penyakit ini dikarenakan didalam tubuh wanita tak mampu lagi melindungi pembuluh darah dari hormon esterogen.

2. Mitosnya : Penyakit Stroke Hanya Menyerang Ketika Memasuki Usia Lanjut

Menurut Faktanya : Penyakit stroke ini tidak memiliki batasan umur, siapa saja dan usia berapapun memiliki peluang terkena penyakit ini. Namun Memang pada umumnya penyakit stroke ini banyak diderita oleh orang yang telah memasuki usia 5o tahun keatas,  penyakit stroke yang dapat menyerang pada anak-anak pun dikarenakan adanya kelainan genetika.

3. Mitosnya : Penyakit Stroke Ini Hanya Menyerang Penderita Darah tinggi

Menurut Faktanya : Pada umumnya penyakit stroke ini diakibatkan oleh bermacam-macam hal. Bukan dapat hanya penderita Darah tinggi saja yang akan terserang penyakit stroke ini, namun juga penyakit lain yang dapat memicu terjadinya penyakit stroke seperti sakit jantung, diabetes melitus. Dapat dikatakan secara garis besar kalau Hipertensi merupakan salah satunya saja faktor penyebab serangan stroke. Dan bukan berarti kalau penderita hipertensi sudah pasti terkena stroke.

Baca juga : Obat Herbal Stroke Alami

4. Mitosnya :  Penyakit stroke ini tidak dapat dihindari

Menurut faktanya : Penyakit Stroke ini dapat dihindari dan dicegah, dengan melakukan dan menjalani pola makan yang sehat dan mengikuti gaya hidup yang baik dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras dan rutin melakukan aktifitas berolah raga. Sekaligus menjaga kadar tekanan darah dan kolestrol tetap stabil dengan rutin mengeceknya secara berkala.

5. Mitosnya : Penyakit stroke ini tidak dapat untuk disembuhkan

Menurut faktanya : Penyakit stroke ini dapat dipulihkan dan disembuhkan, kebanyakan yang terjadi ketika penyakit stroke ini susah disembuhkan dikarenakan keterlambatan atas penanganan serangan dari stroke ini. Jika terjadi serangan stroke yang secara tiba-tiba ada baiknya segera melarikan penderita ke rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan sehingga tidak menimbulkan dampaak yang cukup fatal.

6. Mitosnya : Jika Terkena Penyakit Stroke Berarti  Sudah Tak Ada Harapan Lagi Untuk Hidup Normal

menurut Faktnya : Adalah Salah ketika pendapat yang menyatakan kalau sudah terkena penyakit ini sudah tak memiliki harapan lagi untuk hidup. Berdasarkan survey yang dilakukan mengungkapkan bahwa kematian yang diakibatkan oleh Penyakit stroke ini hanya berkisar antara 25% – 30% dari keseluruhan penderita stroke tersebut. Itu berarti masih ada  sekitar 70% sampai  75% yang  mampu terhindar dari akibat terburuk tersebut. Bahkan dalam beberapa kasus penderita yaang telah mengalami kelumpuhan kini sudah dapat menggerakkan anggota tubuhnya secara normal kembali. Akan tetapi penderita penyakit  ini harus memiliki keinginan dan semangat yang tingi untuk hidup, karena jika terkena penyakit stroke ini bukannlah akhir dari segalanya.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.