Fakta Serta Mitos Seputar penyakit Diabetes Melitus

Fakta Serta Mitos Seputar penyakit Diabetes Melitus – Apa yang berada dalam benak anda jika mendengar suatu penyakit yang dikenal dengan nama Diabetes Melitus  ? mungkin yang anda pikirkan saat ini adalah suatu penyakit yang dikenal dengan nama kencing manis, dan bukan rahasia umum lagi jika banyak dari penderita diabetes ini yang harus mengalami proses operasi amputasi untuk menghilangkan anggota tubuhnya akibat terlambatnya penderita mendapatkan pengobatan dan perawatan sehingga terjadi pembusukan pada organ tubuhnya.

fakta serta mitos diabetes

Amputasi  ? Suatu hal atau kejadian yang tak seorang pun ingin mengalaminya, oleh karnanya bagi seorang penderita diabetes sangatlah penting  mengetahui informasi yang benar dan tepat dalam menghadapi penyakit berbahaya ini, jangan sampai anda mendapatkan informasi yang menyesatkan hingga membuat kondisi kesehatan anda semakin memburuk.

Dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai fakta serta mitos mengenai penyakit kencing manis atau diabetes melitus yakni :

1.Mitos : Seorang penderita diabetes tidak usah berolah raga !

Faktanya adalah Kegiatan mengolah fisik sangatlah disarankan kepada penderita diabetes melitus, tentunya dengan porsi latihan atau kegiatan yang tidak terlalu berat. Kegiatan ini dimaksudkan agar penderita diabetes melitus mampu mengontrol berat badan, untuk menjaga kesehatan organ jantung, meningkatkan mood, menghindarkan dan mengurangi pikiran yang mengarah ke stress. Namun sebelum melakukan aktifitas ini disarankan untuk berkonsultasi terkebih dahulu kepada dokter mengenai pola latihan ataupun  porsi latihan yang benar.

2. Mitos : Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas sudah pasti terkena diabetes melitus !

Fakta yang sebenarnya adalah Banyak dari orang yang berat badannya normal atau tidak berlebih akan tetapi dirinya tetap saja terkena penyakit kencing manis ini, namun benar jika salah satu pemicu dari diabetes ini adalah kelebihan berat badan yang tidak terkontrol / obesitas. Akan tetapi tidak semua orang yang mengalami kondisi seperti obesitas sudah pasti terkena diabetes.

3. Mitos : Penyakit diabetes melitus tidak berbahaya !

Fakta yang terjadi adalah Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup membahayakan penderitanya, setidaknya sebanyak dari 35% pasien diabetes telah meniggal dunia akibat penyakit komplikasi diabetes seperti penyakit stroke, penyakit jantung atau bahkan gagal ginjal kronis. Bahkan menurut survey yang dilakukan mengungkapkan bahwa  umur dari penderita kencing manis ini berkurang setidaknya 5-10 tahun daripada orang sehat. Ingat Bahaya Diabetes !

Baca juga : Penanganan Stroke Pertama Kali

4. Mitosnya :  Hanya orang dewasa saja yang dapat terkena penyakit diabetes !

Fakta yang terjadi justru sebaliknya, Dikarnakan tak hanya orang dewasa yang dapat terkena penyakit diabetes melitus ini, anak-anak pun dapat terkena penyakit diabetes ini namun banyak yang termasuk dalam kategori diabetes tipe 1.

5. Mitos yang beredar : Banyak mengkonsumsi gula bisa membuat kita terkena diabetes !

Fakta sebenarnya ialah Seseorang yang terlalu banyak asupan makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi akan membuat dirinya mengalami peningkatan berat badan yang tidak terkontrol sehingga bisa menimbulkan obesitas. Nah, obesitas inilah termasuk faktor penyebab diabetes yang dapat memicu dan memperbesar resiko dirinya terkena diabetes melitus terlebih jika dirinya memiliki riwayat keturunan diabetes sebelumnya (diabetes tipe 2).

6. Mitosnya adalah Penyakit diabetes dapat ditularkan !

Inilah faktanya : Penyakit diabetes ini bukanlah suatu penyakit yang dapat menular atau ditularkan, akan tetapi penyakit ini dapat diturunkan kepada generasi selanjutnya dari orang tua atau keluarga sebelumnya. Seorang anak yang orang tuanya memiliki riwayat penyakit diabetes ini sebaiknya waspada dikarnakan resikonya 6 kali lebih besar untuk mengancam kesehatan anak tersebut akibat kencing manis.

7. Mitos yang beredar : Kadar gula darah tinggi dapat diketahui hanya dengan cara merasakan gejalanya saja ?

Fakta : Penyakit diabetes ini dapat diketahui dengan hanya merasakan gejala ataupun pertanda yang ditmbulkannya seperti sering merasa lapar dan haus yang tidak biasa serta frekuensi buang air kecil yang cukup sering dan banyak lagi gejala lainnya. Akan tetapi hal ini tidak dapat dijadikan suatu patokan atau pedoman, untuk lebih pastinya disarankan kepada anda untuk segera melakukan uji atau test kesehatan sehingga dapat diketahui secara tepat gangguan kesehatan apa yang sedang anda alami.

8. Mitosnya : Pasien Diabetes tidak boleh sama sekali konsumsi makanan atau minuman manis !

Fakta yang benar adalah mengalami  dan terkena penyakit diabetes bukanlah berarti dirinya tidak boleh merasakan enaknya atau manisnya rasa makanan didunia ini seumur hidupnya. Seorang penderita diabetes masih dapat mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut namun tetap harus tetap mengikuti dengan tetap membatasi jumlah ataupun menggantikan gula dengan pemanis buatan yang dianjurkan.

9. Mitosnya : Kadar gula yang tinggi hanya memberikan dampak negatif bagi orang tertentu saja !

Faktanya adalah tak seorang pun akan merasa kondisi kesehatannya baik-baik saja jika kadar gula dalam darahnya menujukkan ke angka yang cukup tinggi. Bisa jadi orang yang merasa dirinya baik-baik saja namun didalam tubuhnya sudah terjadi kerusakan, ada baiknya jika sudah mengalami peningkatan kadar gula darah yang tidak terkontrol maka sebaiknya anda mencari pengobatan untuk menurunkan kadar gula tersebut dan salah satunya pengobatan alternatif penurun kadar gula darah atau diabetes melitus yakni K-Muricata.

Seorang penderita diabetes melitus yang mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat dapat membantunya terhindar dari bahaya komplikasi atau proses amputasi yang sangat menakutkan. Dengan tetap menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil resiko tersebut dapat dihindari.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.