12 Fakta Yang Ada Dibalik Penyakit Kanker Serviks

Penyakit kanker serviks ini menjadi salah satu  penyakit yang paling banyak menyerang dan diderita kaum wanita. Yang tiap tahunnya penderita penyakit jenis kanker serviks tidak menunjukan penurunan namun yang terjadi malah semakin bertambah. Untuk itu bagi anda kaum wanita khususnya agar selalu mewaspadai dan selalu memperhatikan gangguan atau hal yang ganjil terkait dengan kesehatan anda, bisa jadi itu salah satu gejala yang bisa menimbulkan hal yang cukup fatal dikemudian hari.

Bagi Kaum wanita dibawah ini merupakan beberapa fakta tentang penyakit kanker serviks yaitu :

  1. Kanker serviks merupakan penyakit yang mengakibatkan kematian terbesar bagi kaum wanita diseluruh dunia, hal ini  diperkuat berdasarkan data yang dikeluarkan badan kesehatan dunia (WHO).
  2. Penderita bertambah, hampir setiap satu jamnya minimal 2 orang wanita penderita kanker serviks bertambah, dan hingga pada saat data terakhir diambil menunujukkan bahwa di Indonesia sendiri penderitanya sudah mencapai 15.000 pengidap kanker serviks dan ini pun akan semakin bertambah.
  3. Penyakit Menular, penyakit kanker serviks ini diakibatkan oleh Human Virus Papilloma (HPV), yang biasanya cara penularannya melalui hubungan intim. Lihat juga : Ciri-Ciri Penyakit Kanker Serviks
  4. Sillent killer, penyakit kanker serviks ini seringkali tidak dirasakan penderitanya pada awal-awal terinfeksi virus ini, dan baru menyadari ketika kanker serviks sudah memasuki fase stadium lanjut atau kanker sudah menyebar luas. Banyak sekali penderita yang harus kehilangan nyawa dikarenakan kurangnya informasi dan kesadaran masyarakat akan penyakit kanker serviks ini.
  5. Kematiaan, di Indonesia sendiri angka kematian akibat kanker serviks ini mencapai sekitar 20 orang sampai 25 orang tiap harinya.
  6. Sulit hamil atau memiliki keturunan, penderita kanker serviks hanya memiliki kemungkinan untuk hamil sekitar 10% nya saja. Meskipun begitu bukan berarti divonis kanker serviks secara otomatis tidak dapat memiliki keturunan.
  7. Kondom, dengan memakai alat kontrasepsi seperti kondom bukan berarti dapat 100% terhindar  dari terifeksi virus HPV ini, namun dapat meminimalisir atau memperkecil resikonya.
  8. Pencegahan, penyakit kanker serviks dapat dihindari atau dicegah dengan cara menyuntikkan vaksin ke tubuh (vaksinasi HPV), vaksin ini bertujuan untuk menambah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap virus HPV selain itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan diri secara berkala (pap smear).
  9. Organ Intim, kebersihan dari organ intim sangat berpengaruh terhadap penyakit kanker serviks ini. Organ intim yang tidak terawat dan tidak bersih akan memicu berkembangnya virus dan bakteri serta jamur dengan cepat. Apabila sedang memakai pembalut usahakan agar mengganti pembalutnya 4 jam sekali agar selalu terjaga kebersihannya.
  10. Gaya hidup (life style), perubahan gaya hidup yang tidak sehat sangat memberikan dampak yang cukup besar dalam proses terjadinya kanker serviks ini, gaya hidup yang tidak sehat itu antara lain : merokok, minum minuman beralkohol, berhubungan intim dengan berganti-ganti pasangan.1
  11. Usia atau umur, penyakit kanker ini tidak memandang usia berapapun usianya tetap memiliki resiko terkena penyakit kanker jenis ini, meskipun begitu memang banyak penderita kanker serviks ini yang telah berusia lanjut atau diatas 41 tahun.
  12. Vaksin HPV, bagi anda kaum wanita penggunaan vaksin ini tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi tubuh.

Informasi diatas merupakan fakta tentang kanker serviks yang belum banyak diketahui oleh banyak kaum wanita lainnya. Semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat dan kaidah yang baik untuk anda semua khususnya kaum wanita. Semoga bermanfaat.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.