Bahaya dan Dampak Asap Rokok Terhadap Kesehatan Tubuh

Bahaya Kesehatan Akibat Asap RokokMungkin hingga saat ini masih banyak yang belum menyadari akan resiko bahaya asap rokok bagi kesehatan tubuh dan tetap memilih untuk melanjutkan kebiasaaan buruk dan tidak sehat ini yakni merokok. Semoga bagi anda  dapat merenungkan dan berfikir untuk menjaga kesehatan tubuhnya setelah membaca sedikit informasi bahaya dan resiko atau bahkan fakta mengerikan dibalik kenikmatan merokok dan asap rokok tersebut yakni :

  1. Di negara maju sekalipun yakni di negara Amerika Serikat setiap tahunnya hampir 500.000 orang telah kehilangan jiwanya (meninggal dunia) akibat merokok dan paling banyak mengalami kerusakan pada organ jantung. Beberapa gejala awal penyakit jantung koroner juga diindikasikan paling banyak diakibatkan oleh asap rokok dan juga perilaku tidak sehat lainnya.
  2. Rokok dan asapnya merupakan penyebab kematian terbesar didunia bahkan bila dibandingkan dengan gabungan korban yang meningggal dunia akibat penyakit HIV, pemakaian narkoba dan minuman keras, korban kecelakaan berlalu lintas serta korban tindak kriminal sekalipun.
  3. Berdasarkan survey dan statistik yang dilakukan menunjukan bahwa 9 dari 10 orang yang terkena penyakit kanker paru paru sampai menimbulkan kematian adalah orang yang memiliki kebiasaan  buruk merokok (perokok aktif) di masa lalunya.
  4. Pada masa 50 tahun belakangan sampai sekarang ini telah terjadi peningkatan secara signifikan mulai dari  jumlah penderita penyakit paru serta akan semakin berrtambahnya angka kematiaan pada masa mendatang dikarnakan semakin tahun semakin bertambah pula calon calon perokok aktif lainnya.
  5. Resiko dari merokok juga dapat memicu dan memperbesar bahaya penyakit lainnya seperti penyakit serangan jantung, penyakit hipertensi, penyakit paru paru, kanker paru,kanker nasofaring, kanker mulut, dan banyak lagi lainnya.

Tahukah anda bahaya dari sebatang rokok yang dinyalakan dan dihisap secara terus menerus bagi tubuh manusia?

Didalam sebatang rokok memiliki kandungan berbagai zat zat dan senyawa beracun dan membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia yang mana kandungan itu dikenal dengan nama Nikotin,Tar, arsenik, kadmium, bahkan ada sianida, nitrosamina, serta banyak lagi senyawa lainnya, kurang lebih sekitar 4000 senyawa dan 250 diantaranya yang paling berbahaya dan mematikan.

Inilah alasannya agar anda bisa memutuskan untuk menghindari asap rokok dan berhenti dari kebiasaan merokok :

  1. Perokok aktif yang mengalami ganguan penyakit kanker darah/leukimia, kanker limfa serta kanker perut. kondisi ini terjadi akibat dari rokok yang mengandung Butadine dengan kadar 1,3 (bahan yang sering digunakan dalam proses pengolahan karet.
  2. Tubuh sulit untuk melakukan regenerasi sel sel tubuh khususnya pada organ paru paru akibat penggunaan akrolein, formaldehida dan kromium VI yang lama kelamaan bisa menjadi pemicu kanker paru paru.
  3. Penyakit jantung dan serangan jantung adalah penyakit yang paling banyak dialami oleh seseorang yang sudah bertahun tahun menjadi perokok aktif.
  4. Asap rokok yang mengandung zat karbondisoksida dan nikotin masuk kedalam tubuh dan mengkontaminasi aliran darah sehingga lama kelamaan pasokan oksigen menjadi terganggu dan berkurang dan pada akhirnya bisa berdampak pada tingginya kadar kolesterol dalam darah dan pengerasan pembuluh arteri (aterosklerosis)
  5. Pada kaum wanita yang sering terkena dan menghirup asap rokok  baik itu perokok aktif dan pasif bisa terkena gangguan kesehatan pada  kehamilan yang mana kemungkinana besar janin didalam kandungan bisa lahir dalam keadaan tidak normal yakni berat badan bayi dibawah normal, bayi menjadi cacat/prematur.
  6. Penyakit stroke bisa dikatakan sebagai penyakit yang berkaitan erat dengan kebiasaan merokok ini.
  7. Resiko gangguan kesehatan pada penglihatan khususnya pada organ mata, meskipun sangat jarang terjadi namun patut diwaspadai jika anda mengalami pandangan mata yang mejadi kabur akibat katarak.
  8. Merokok juga menjadi salah satu penyebab pemicunya penyakit kencing manis/diabetes type 2 akibat dari asap rokok yang meracuni tubuh sehingga organ tubuh sulit untuk mengolah dan mengontrol kadar gula dalam darah. Fakta seputar diabetes melitus menunjukkan perokok aktif berpotensi lebih besar tekena penyakit diabetes melitus/DM dengan persentase sebesar 50% lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang bukan perokok.
  9. Tubuh yang teracuni oleh racun dari asap rokok kekebalan tubuhnya/sistem imunnya semakin lama akan semakin menurun  seiring dengan kebiasan merokok yang telah lama dijalani. Pada saat kekebalan tubuh sudah melemah maka berbagai penyakit komplikasi pun akan mulai berdatangan dan menjangkiti orang tersebut penyakit itu diantaranya TBC/tuberkulosis, HIV aids, Gagal ginjal, dll.

Keputusan untuk hidup sehat dan bebas dari asap rokok adalah pilihan yang bisa kita tentukan dan putuskan agar  kita bisa selalu sehat dan terhindar dari bahaya penyakit. Rokok sudah menjadi candu yang bisa mengikat kita dalam bahaya dan resiko tinggi akan kematian, sehingga dibutuhkan komitmen dan disiplin tinggi agar dapat terbebas dari kecanduan nikotin. Jika orang lain saja bisa dan memutuskan untuk berhenti dari rokok, lantas mengapa anda sendiri sulit untuk berhenti merokok ? Selalu pastikan dan komitmen untuk memulai berhenti  dengan tujuan utama kita yakni  kesehatan dan kebahagian. Memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit sudah tentu akan membuat hidup anda lebih mudah menjalani kehidupan bila dibandingkan dengan orang yang sering sakit sakitan akibat menjadi perokok aktif.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

6 Responses

  1. Anonymous says:

    Ijin share

  2. Junjun says:

    Terimakasih

  3. metiya riska pangajow says:

    ★bagus karena memberikan pelajaran agar kita semakin pintar★

Leave a Reply

Your email address will not be published.