8 Gejala Awal Serangan Jantung Koroner

Gejala Awal Serangan Jantung KoronerРPernahkah anda merasa detak jantung anda berdebar-debar dengan ritme yang tidak beraturan ? jika anda pernah mengalami kondisi tersebut, waspadalah ! Bisa jadi itu merupakan pertanda awal anda telah mengalami salah satu dari 5 jenis penyakit jantung berbahaya yakni  serangan penyakit jantung koroner. Kondisi kesehatan yang ditandai dengan jantung berdetak kencang pada umumnya dikarnakan terganggunya saluran peredaran darah yang membawa oksigen dan nutrisi, hal ini disebabkan oleh adanya penyempitan pembuluh darah arteri (adanya plak) ke organ jantung.

 

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat zaman sekarang ini. Mengapa demikian ? Semakin bertambah dan banyaknya pasien jantung koroner didunia tak lepas dari perubahan gaya hidup yang cenderung mengarah ke pola makan dan kebiasaan yang tidak sehat dan buruk. Terlebih masyarakat sekarang lebih suka mengkonsumsi makanan dan minuman tidak sehat dan berkolesterol tinggi, yang mana kolesterol telah menjadi pemicu terbesar terjadinya penumpukan plak-plak pada arteri yang menjadikan orang tersebut bisa terkena serangan jantung koroner. Baca juga : Pertolongan Pertama Pada Stroke

Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan atau minuman tidak sehat sebaiknya mewaspadai ancaman penyakit berbahaya ini dengan mengetahui gejala-gejala awal dari serangan jantung koroner seperti :

  1. Anda merasakan nyeri atau tidak nyaman pada bagian sekitar dada kiri, punggung, lengan kiri atas, rahang.
  2. Detak jantung tidak normal atau berdebar-debar.
  3. Tubuh mengeluarkan keringat dingin.
  4. Tidak dapat tidur dengan nyenyak / kesulitan tidur malam.
  5. Terasa pusing atau sakit pada bagian kepala.
  6. Merasakan ingin muntah atau mual (eneg).
  7. Stamina mudah drop meskipun beraktifitas kegiatan yang ringan.
  8. Tarikan nafas menjadi pendek.

Pada beberapa kasus yang terjadi pada penderita jantung koroner jika gejalanya sudah terlalu parah, dirinya akan mengalami sakit kepala yang hebat dan tak jarang hingga membuat penderitanya tidak sadarkan diri atau pingsan. Jika penderita jantung koroner tidak mendapatkan perawatan ataupun pengobatan yang cepat, resiko lebih besar akan mengancam penderitanya yakni kematian. Banyak cara untuk terhindar dari penyakit jantung koroner salah satunya adalah dengan menghindari  10 makanan berkolesterol tinggi.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.