10 Langkah dan Cara Untuk Berhenti Dari Merokok

10 Langkah dan Cara Untuk Berhenti Dari Merokok – Bagi kebanyakan dari pencandu rokok atau perokok berat secara sadar dan tidak sadar sudah mengetahui  akan bahaya serta dampak negatif terhadap kesehatan tubuh yang ditimbulkan oleh rokok. Rokok Penyebab Penyakit Jantung Semakin bertambahnya jumlah perokok di Indonesia menjadikan negara kita ini sebagai salah satu negara yang paling banyak penderita penyakit yang diakibatkan oleh racun-racun didalam rokok seperti penyakit kanker payudara, serviks, penyakit jantung, stroke,  asma, penyakit paru-paru, dan banyak penyakit berat lainnya.

Jangan sampai terlambat untuk berhenti dari merokok sebelum penyakit mematikan diatas menimpa anda maupun keluarga terdekat anda yang terpolusi karna asap rokok, putuskan dan niatkan mulai dari sekarang untuk menjauh dari rokok agar selalu sehat dan terhindar dari resiko penyakit kronis lainnya yang disertai dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Baca : Makanan Penurun Hipertensi

Rokok musuh utama dari kesehatan tubuh, perbedaan dari perokok dengan yang bukan perokok dapat dilihat dari kondisi kesehatan perokok yang sering sakit-sakitan selain itu rokok juga sangat mempengaruhi umur seseorang yang mana kondisi kesehatan orang yang bukan perokok cenderung sehat dan baik sehingga berpengaruh kepada umur yang lebih panjang.

Nah sudah tahu kan bahaya dari merokok, dan sekarang bagi para perokok tak perlu merasa kesulitan untuk berhenti. Lakukanlah 7 langkah berhenti dari merokok dibawah ini :

  1. Putuskan dan tentukan tanggal berhenti merokok. Jika sudah berniat atau memiliki keinginan untuk berhenti merokok maka perlu ditentukan tanggalnya. Hal ini dipercaya mampu semakin menambah kuat komitmen anda dalam menahan hasrat ingin merokok.
  2. Persiapkan diri dan mental. Pada posisi pertama kali memutuskan untuk berhenti merokok, akan banyak sekali efek yang dirasakan seperti gampang marah, mudah stress, sering merasa lapar / suka ngemil.
  3. Jauhkan diri dari berbagai hal yang terkait dengan merokok. Mulailah dari menyingkirkan asbak, sisa-sisa rokok, atau mungkin korek dari lingkungan rumah anda.
  4. Kurangi minum kopi, bukan rahasia umum lagi jika merokok merupakan teman dari minuman yang berwarna hitam ini. Minuman kopi bisa menjadi halangan anda dalam usaha berhenti  dari rokok.
  5. Menggantikan rokok dengan terapi nikotin pengganti. Zat yang paling banyak dikandung didalam rokok ini bernama nikotin dan zat inilah yang membuat perokok menjadi kecanduan sehingga susah untuk melepasnya. salah satu cara mengurangi efek kecanduannya dapat menggunakan nikotin pengganti yang biasanya ada dalam bentuk inhaler, permen karet nikotin, ataupun obat pelega tenggorokan.
  6. Lakukanlah kesibukan aktifitas kesukaan atau hobi anda yang bisa menyibukkan anda seperti berenang, jogging, dll. Hindari kondisi dimana anda pada posisi kesendirian yang bisa mengingatkan anda untuk berhasrat ingin kembali merokok.
  7. Usahakan sebisa mungkin untuk menyikat gigi sehabis makan dikarnakan rasa dan sensasi dari rokok terasa tidak enak lagi selepasnya, kebiasaan untuk menghisap rokok selepas makan ini seringkali membuat diri anda menjadi sulit untuk berhenti merokok.
  8. Istirahatlah yang cukup dengan tidur, tidak adanya aktifitas yang dapat dilakukan menjadikan anda memiliki keinginan  untuk merokok. Maka dengan tidur anda akan mulai terbiasa dapat melupakan keinginan untuk merokok.
  9. Tempel poster atau gambar penyakit berbahaya seperti kanker prostat, jantung, dll, akibat bahaya dari merokok di dinding kamar anda. Hal ini sedikit demi sedikit bisa merubah cara pandang anda terhadap bahaya merokok setiap harinya. Baca juga : Pertolongan Pertama Stroke
  10. Berhenti merokok dimulailah dari sekarang, kalau tidak sekarang kapan lagi dan anda hanya akan mengulur-ngulur waktu hingga akhirnya akan semakin sulit untuk menghilangkan kecanduan dari zat berbahaya yang berasal dari rokok. Dengan belajar berhenti setahap demi setahap anda pasti akan bisa hingga akhirnya berhenti secara total.

Sudah banyak yang mengetahui bahwa rokok merupakan salah satu sumber dari pemicu penyakit bahkan menurut himbauan pemerintah pun menyatakan jika Merokok Dapat menimbulkan Gangguan Kesehatan Kanker, Serangan Jantung, Impotensi, Cacat pada janin, penyakit paru-paru bahkan bisa menimbulkan kemiskinan akibat biaya pengobatan yang cukup tinggi. Berhentilah merokok dari sekarang sebelum penyesalan datangnya terlambat.

Silahkan Berbagi...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.